Bisnis Makanan Ringan, Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Makanan Ringan, Modal Kecil Untung Besar - Kebutuhan makanan merupakan kebutuhan dasar untuk setiap manusia. Itu adalah salah satu alasan bahwa usaha makanan selalu menjanjikan. Makanan ringan menjadi pilihan utamanya. Tetapi harus ada kreasi, inovasi, dan rasa.

Peluang usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang kecil. Keberadaan makanan ringan tidak dapat dipandang sebelah mata, karena meski ringan makanannya namun untungnya cukup berbobot. Meskipun begitu usaha ini juga dapat berkembang dengan pesat.

Makanan ringan bisa berupa snack, keripik, dan lainnya. Meski usaha ini termasuk dalam skala rumahan, tetapi banyak usaha makanan ringan yang kemudian menjadi besar lantaran kwalahan dalam memenuhi permintaan pasar yang kian mengalir tanpa henti.

Peminat makanan ini yaitu semua elemen, baik kaya atau miskin, tua atau muda serta pria atau pun wanita. Sehingga tak sedikit produsen-produsen makanan yang selalu berinovasi tiap waktu.

Adapun beberapa strategi sukses dalam memulai bisnis makanan ringan :

Sediakan Sample. Untuk menarik perhatian dan meningkatkan kepercayaan pembeli, sebaiknya sediakan sample yang untuk dicoba para konsumen sebelum membeli produk anda.

Komunikasi dan Promosi. Komunikasi dan promosi akan sangat penting dalam suatu usaha. Anda bisa membangun komunikasi dan promosi lewat media social baik itu facebook, twitter, dan lainnya. Sebarkan brosur atau adakan promo – promo tertentu agar konsumen merasa tertarik untuk mendatangi usaha makanan ringan anda.

Rasa Enak dan Khas. Berbicara dalam usaha makanan, tentunya rasa akan jadi perhatian utama. Jika rasa makanan telah disukai oleh konsumen tentu mereka akan kembali lagi untuk menikmati makanan yang anda jual. Karena jika hanya anda menwarkan harga murah, pasti ada kompetitor lain yang akan menurunkan harga jualnya. Untuk itu keluarlah dari persaingan harga, tawarkan harga yang tidak terlalu mahal tetapi dengan rasa dan kualitas yang tinggi.

Kemasan yang Menarik. Sebelum membeli apapun setiap orang pasti melihat tampilan luar yang disuguhkan oleh penjual. Maka baik halnya jika anda sebagai pengusaha makanan ringan, bungkuslah makanan anda secara menarik, dan bersih. Karena jika tampilan kemasan anda jorok dan terkesan jadul tidak akan ada konsumen yang mau mencoba makanan yang anda buat.

Pikiran – pikiran negatif dari sendiri akan membayangi saat awal pembukaan usaha. Seperti laku atau tidaknya produk, disukai atau tidaknya produk dan lain hal. Persiapkan mental dan latih diri anda sebagai pengusaha yang sukses. Karena tidak ada usaha yang langsung berhasil tanpa memulainya dari bawah. (bn/sukmainspirasi)
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/bisnis-makanan-ringan-modal-kecil-untung-besar