Wisata ke Candi Banyunibo di Yogyakarta

Wisata ke Candi Banyunibo di Yogyakarta - Candi ini terletak di sebelah tenggara candi Ratu Boko atau sekitar 2 KM. Letak Candi ini sangat mempesona dan sangat eksotis untuk dikunjungi karena lokasinya di tengah persawahan dan bersebelahan dengan gugusan pegunungan seribu di daerah perbatasan Klaten dan Yogyakarta. Candi Banyunibo mempunyai arti air yang menetes.


Candi Banyunibo dibangun pada abad 9 dan candi ini termasuk kategori candi kecil, namun bentuk atap candi ini sangat menarik dan unik yang melengkung seperti berbentuk stupa. Disetiap arah candi mempunyai jendela di bagian timur,utara,barat dan selatan candi. Di setiap jendela candi itu mempunyai ukiran yang menggambarkan istri-istri Sang Budha. Seperti Pandarawasini Sakti,Tarini Sakti dan Mamaki Sakti.

Candi ini tidak populer dibandingkan dengan candi Prambanan, Candi Boko, namun candi ini masih sering digunakan dan cocok untuk tempat meditasi karena tempatnya yang sangat tenang dan udara segar persawahan di sekitar candi.

Untuk menuju di Candi ini, tidak tersedia angkutan umum. Anda kami sarankan lebih baik menyewa mobil dari Jogja. Di daerah ini juga terdapat Candi agama Budha seperti : Candi Plaosan, Candi Kalasan dan juga terdapat candi agama Hindu seperti Candi Prambanan dan candi Boko.
Sumber : http://www.jogjarentalmobil.co.id/banyunibo.blog.html