5 Pertanyaan Panduan untuk Desain Web yang Lebih Efektif

5 Pertanyaan Panduan untuk Desain Web yang Lebih Efektif - Bagaimanakah situs yang bagus saat ini? Menurut pakar inovasi Seth Godin yang pernah menulis buku mengenai desain web, ada begitu banyak contoh situs di dunia maya yang buruk. Dalam pengertian, situs-situs itu tidak cuma membosankan dan tidak menarik tampilannya tetapi juga tidak efektif dalam menjadi pendukung bisnis.

?Tesis atau gagasan utama dalam buku yang ditulis Godin ialah bahwa web merupakan medium pemasaran langsung, sesuatu yang bisa diukur dan alat yang paling efektif saat orang yang bersangkutan (pemilik situs itu) mengetahui sudut pandang tertentu.

Daripada membuat situs yang dibuat dengan sekumpulan orang yang memutuskan semua hal yang akan ditampilkan di situs dan melakukan kompromi dalam setiap langkah pembuatan, sebuah situs yang efektif dibuat oleh seseorang yang mengetahui dengan benar apa yang ia ingin pengunjungnya lakukan di dalam situs tersebut.

Kata Godin, hal itu masih berlaku di berbagai perusahaan hingga saat ini walaupun sebetulnya gagasan itu sudah digelontorkan satu dekade lebih.

Jumlah situs yang buruk makin menggunung dan urgensi atas masalah ini pun makin tinggi. Saat makin banyak orang sadar pentingnya situs yang baik, makin tinggi pula tekanan untuk melakukan pertemuan, untuk menaati kelompok pembuat keputusan tersebut dan untuk menghindari pengucilan siapa saja yang mengunjungi situs hanya karena ingin memuaskan segelintir orang.

Tentu saja, ada begitu banyak unsur yang lebih kompleks untuk dikerjakan, lebih banyak viralitas, pemanfaatan secara maksimal yang tersedia untuk semua orang yang cukup berani untuk membuat sesuatu secara daring. Namun, kata Godin lagi, ada sejumlah pertanyaan yang akan memberikan solusi pada tantangan yang dihadapi situs apapun (dan masalah-masalah dalam perusahaan yang membuatnya:
  1. Untuk siapa situs itu dibangun?
  2. Bagaimana mereka akan menemukan situs tersebut?
  3. Pesan apa yang dikandung ?dalam desain situs itu?
  4. Apa yang Anda kehendaki dari pengunjung begitu mereka sudah tiba di situs?
  5. Bagaimana mereka akan memutuskannya dan janji apakah yang Anda berikan agar mereka mau bertindak demikian?

Satu-satunya alasan membuat sebuah situs ialah untuk mengubah seseorang, demikian ungkap Godin. Jika Anda tidak bisa menjelaskan perubahannya dan Anda tidak bisa memberitahukan seseorang, maka Anda sudah membuang-buang waktu saja.

Jika Anda sudah melakukan ini semua dengan benar, jika Anda sudah memiliki sudut pandang yang jelas dan singkat, Anda akan mendapatkan peluang untuk berfokus pada viralitas, sosial dan membuat gerakan kemajuan . Namun, sayangnya hampir semua situs perusahaan cuma memajang informasi diri dan (di saat bersamaan) tampak takut dan tidak lengkap.

Jawablah pengunjung Anda saat bertanya,"Mengapa saya di sini?" (ap)