Tips Tembus KPR Bagi Pasangan Muda

Tips Tembus KPR Bagi Pasangan Muda - Rumah nyaman, menjadi idaman keluarga manapun. Rumah sudah merupakan kebutuhan primer setiap keluarga. Biasanya pada tahun pertama pernikahan, pasangan muda akan memikirkan untuk membeli rumah. Dengan keuangan yang masih terbatas, mereka akan memilih menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR).

Agar KPR disetujui, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Berikut tips bagaimana mendapatkan pembiayaan KPR dari bank:

Analisa perencanaan keuangan pribadi dan pasangan Anda seperti jumlah pendapatan yang diterima dan jumlah pengeluaran setiap bulannya sebelum Anda melakukan permohonan kredit.

Sesuaikan kemampuan membayar angsuran per bulannya, dan hindari keinginan untuk memperbesar jumlah kredit di luar batas kemampuan Anda mengangsur setiap bulan.

Cek nilai utang Anda yang sedang berjalan, jika sebelumnya Anda memiliki utang dan telah dilunasi pastikan bahwa utang Anda telah selesai (form atau surat bukti pelunasan). Disarankan semua kewajiban Anda tidak bermasalah minimal enam bulan sebelum pengajuan KPR ke bank.

Mulailah menabung di salah satu bank dengan memasukkan pendapatan tetap Anda setiap bulannya sehingga mudah dianalisa pihak bank.

Hentikan penambahan utang baru karena bank akan memberikan kredit apabila si calon debitur memiliki penghasilan tiga sampai empat kali lipat dari jumlah angsuran Anda per bulan. Persiapkan data-data anda seperti KTP suami istri, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan persyaratan pendukung lainnya.