Yuk Ke Madura Nonton Karapan Sapi

Yuk Ke Madura Nonton Karapan Sapi - Mari menyeberang ke pulau Madura. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah menyaksikan Karapan Sapi.
Pulau Madura yang dikenal juga dengan pulau Garam memiliki wisata budaya yang unik dan telah dikenal masyarakat luas bahkan hingga mancanegara. Karapan Sapi merupakan tradisi Madura yang melibatkan banyak orang.

Karapan Sapi dapat juga dikatakan sebagai pesta rakyat Madura. Acara yang diadakan setiap tahun ini adalah kebanggaan masyarakat Madura dan sebagai ajang untuksaling berinteraksi satu sama lain.

Karapan Sapi biasa diadakan setiap bulan Agustus dan September. Acara besar ini memperlombakan kecepatan sapi dalam berlari. Setiap peserta melibatkan 2 ekor sapi yang diikat dengan kereta yang dinaiki oleh joki. Peserta yang berhasil memenangi pertandingan dapat terus melaju hingga ke putaran final yang biasanya diadakan bulan September akhir ataupun bulan Oktober.

Lintasan yang digunakan sendiri cukup sederhana, yaitu menggunakan lahan tanah yang rata, dengan panjang lintasan kurang lebih 100 meter.

Untuk dapat menang ada beberapa faktor yang menentukan. Kehandalan joki dan kemampuan sapi adalah faktor utama yang sangat menentukan. Oleh karena itu tak jarang untuk meningkatkan kualitas sapi yang diperlombakan banyak yang rela mengeluarkan dana cukup besar untuk biaya makan dan nutrisi. Aneka jamu dan telur ayam adalah beberapa jenis makanan yang biasa digunakan oleh melatih Sapi karapan sapi.

Bila Anda menyukai hal baru yang penuh dengan semangat, menonton Karapan Sapi dapat menjadi pilihan menarik. Selamat menikmati.