Cara Efektif Membeli Rumah Bekas

Saat ini tawaran rumah-rumah baru dari berbagai macam developer cukup menarik. Sayangnya, harga yang ditawarkan relatif mahal. Mungkin, membeli rumah bekas merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Sebelum membeli rumah bekas, simak beberapa paparan berikut ini.

Tentukan besaran budget
Budget merupakan pertimbangan penting dalam membeli rumah. Jika membeli secara kredit, pastikan Anda memiliki uang muka yang cukup minimal 30 persen dari harga untuk rumah bertipe di atas 70 meter persegi. Untuk rumah dengan tipe 36, 45, 60 maupun kredit rumah subsidi, jumlah uang mukanya bisa lebih rendah. Agar kondisi keuangan tetap sehat, pastikan juga bahwa jumlah total cicilan hutang termasuk cicilan KPR nanti maksimal 30 persen dari penghasilan gabungan Anda dan pasangan.

Teliti kondisi fisik rumah
Beberapa hal yang perlu diperiksa diantaranya: kondisi tembok, atap dan plafon, sirkulasi udara, pencahayaan, listrik dan air, pintu, lantai, kamar mandi, saluran air dan sebagainya. Jika ada yang memerlukan renovasi, perkirakan apa jumlahnya masih dalam batas kemampuan.

Kenali lingkungan sekitar
Apakah rumah incaran dekat dengan fasilitas publik, berapa jaraknya ke tempat kerja atau sekolah anak, bagaimana kondisi lingkungannya di jam sibuk? Lebih baik jika Anda bisa menengok rumah tersebut di waktu-waktu yang berbeda, saat pagi, siang dan malam hari untuk merasakan suasananya.

Kelengkapan dokumen dan surat rumah
Jangan pernah membeli rumah yang memiliki masalah dalam status kepemilikannya. Pastikan rumah yang akan Anda beli telah memiliki surat-surat yang lengkap. Periksalah keaslian sertifikat rumah (SHM), sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan lakukan pengecekan ulang pada semua dokumen tersebut. Pada pembelian rumah waris/peninggalan, notaris akan membutuhkan kehadiran dan tanda tangan semua ahli waris saat akad jual beli nanti.

Riset harga
Lakukan riset perbandingan harga. Yang bisa menjadi patokan di antaranya adalah harga rumah di kompleks perumahan terdekat. Anda juga bisa mendatangi agen properti untuk mengetahui harga pasar di daerah tersebut. Sumber lainnya adalah para warga di sekitar kompleks tersebut. (as/berbagai sumber)