Motor Begal Gak Hanya RX King, Banyak Yang LAin....

Aksi kriminalitas dengan melibatkan kendaraan roda dua saat ini tengah marak terjadi di Tanah Air. Kebanyakan, motor-motor yang digunakan dalam aksi kejahatan, selalu identik dengan motor-motor cepat. Salah satu motor yang masuk dalam stigma buruk di masyarakat, Yamaha RX King.

Motor sport pabrikan garpu tala yang keluar sejak 1983 hingga 2009 itu kini melekat dengan sebutan motor jambret. Julukan itu muncul karena beberapa kawanan bandit yang tertangkap melakukan aksi kriminalitas menggunakan motor ini karena memiliki kemampuan yang mumpuni, untuk berlari cepat dan membelah padatnya lalu lintas di jalan raya.

Namun demikian, sematan sebagai motor jambret pada RX-King ditolak mentah-mentah Ketua Yamaha Rider Club, Didit. Pria yang juga anggota King Club Djakarta (KCDj) itu mengatakan julukan itu tidak relevan.

Kata dia, salah satu hal yang tak diketahui banyak masyarakat ialah RX King merupakan motor yang masuk dalam jajaran motor sport.

“Motor ini (RX King) memang larinya kencang, namun semuanya kan kembali kepada siapa ridernya. Motor itu kan cuma sebagai alat transportasi, jadi kalau disebut motor jambret ya itu salah,” ujar Didit kepada VIVA.co.id, Rabu 4 Februari 2015.

Didit mengatakan, tindak kejahatan di jalan saat ini seperti halnya jambret tidak hanya dilakukan dengan menggunakan motor RX King. Sebab, banyak pula motor bergenre sport lain yang digunakan para bandit untuk melakukan aksi kejahatan. Ia pun bingung dengan sematan tersebut.

“Dari dulu juga banyak yang menggunakan motor untuk melakukan tindak kejahatan, tapi saya tidak setuju kalau hanya motor RX King yang disebut seperti itu. Karena kan banyak motor lain juga yang kerap digunakan untuk tindak kejahatan,” ujarnya.

RX King, kata Didit, sejatinya merupakan motor sport lawas milik Yamaha yang telah melegenda di masyarakat. Motor ini sedianya dilahirkan untuk menunjang berbagai aktivitas masyarakat, dan memudahkan mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

“RX King itu dibentuk Yamaha sebagai motor sport, jadi bisa digunakan untuk segala macam kegiatan, seperti touring serta aktivitas sehari-hari," kata dia.

Sekadar diketahui, King Club Djakarta (KCDj) sendiri merupakan sebuah klub motor RX King yang menaungi lebih dari 900 anggota dan sudah berdiri sekitar 12 tahun. Sesuai namanya, komunitas ini terkonsentrasi di ibu kota Jakarta.

0 Response to "Motor Begal Gak Hanya RX King, Banyak Yang LAin...."

Posting Komentar