Cara Gampang Dan Cepat Mengatasi Kaca Berembun

Cara Gampang Dan Cepat Mengatasi Kaca Berembun - Pernahkah Anda mengendarai mobil di tengah hujan dengan pandangan tidak jelas ke luar gara-gara embun yang menempel di kaca? Hal ini biasanya terjadi pada mobil lawas, meski ada juga beberapa mobil baru yang mengalaminya.

Dilansir dari situs Hubpages, Selasa, 3 Februari 2015, masalah ini timbul karena suhu kabin lebih panas ketimbang suhu di luar mobil. Perbedaan suhu ini menyebabkan uap air yang ada dalam kabin (makin lembap, makin tebal embunnya) berubah menjadi embun dan menempel pada kaca.

Hal ini tentu saja menjengkelkan, dan juga bisa membahayakan, karena pengemudi tidak bisa melihat kemana ia mengarahkan mobilnya. Untungnya ada cara mudah dan cepat untuk mengatasi hal tersebut.

Bila Anda memiliki mobil lawas, atau yang sistem pendingin udaranya belum dilengkapi dengan fitur defogger, maka yang bisa Anda lakukan adalah menyalakan pendingin udara (kipas dan AC) sembari mengatur udara yang masuk ke kabin berasal dari luar mobil.

Biasanya pada pendingin udara, ada tombol yang diberi label recirculation. Fungsi tombol ini adalah mengatur, udara mana yang hendak didinginkan. Biasanya orang Indonesia lebih memilih tombol ini menyala, agar udara kotor dan bau asap dari luar tidak masuk ke dalam kabin.

Namun saat hujan dan kaca berembun, atur agar udara yang masuk berasal dari luar. Hal ini dikarenakan, jika udara yang didinginkan berasal dari dalam kabin, maka perbedaan suhu dengan luar tidaklah banyak berubah, sehingga embun masih tetap akan terjadi.

Jangan lupa untuk menaikkan kecepatan kipas, semakin kencang, maka semakin cepat embun menghilang dari kaca.

Bagi pengendara mobil yang kebetulan pendingin udaranya tidak bekerja (namun kipas masih bisa menyala, atur kipas berputar sekencang mungkin dan buka sedikit kaca jendela. Pastikan tombol recirculation mati, karena fitur ini hanya akan berfungsi maksimal jika pendingin udara bekerja dengan normal.

Bila kebetulan mobil Anda termasuk keluaran terbaru dan sudah dilengkapi dengan fitur defogger, pindahkan pengaturan pendingin udara ke posisi defogger. AC akan otomatis menyala, karena memang dibutuhkan untuk menghalau embun dari kaca.

Bila Anda sudah tiba di rumah, sediakan waktu luang untuk memeriksa apakah ada karet kaca yang robek atau karpet mobil basah. Hal ini adalah salah satu penyebab naiknya kelembaban mobil, yang berpotensi menimbulkan embun saat hujan turun.

0 Response to "Cara Gampang Dan Cepat Mengatasi Kaca Berembun"

Posting Komentar