6 Tips Dan Trik Agar Mobil Irit Bahan Bakar

6 Tips Dan Trik Agar Mobil Irit Bahan Bakar - Mobil-mobil masa kini telah mengaplikasikan teknologi tinggi agar ramah lingkungan. Kendaraan terkini sering diklaim irit bahan bakar, mengurangi polusi, berumur panjang dan mengurangi risiko kecelakaan.

Meski begitu, faktor manusia alias pengendaralah yang memegang peran penting dari kinerja kendaraan. Dengan perlakuan yang benar, maka teknologi irit dan ramah lingkungan sebuah mobil bakal optimal.

"Cara mengemudi sangat berpengaruh bagi performa kendaraan. Pengemudi harus perhatikan cara mengemudi yang benar supaya optimal," ujar Abdi Ghaffar, Staff Event & Promotion Department, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Dalam gelaran New Mirage Eco Fun Drive di Surabaya itu, Abdi memberikan beberapa tips berkendara agar irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Berikut ini cara-cara untuk memaksimalkan kinerja mobil Anda agar senantiasa irit dan berumur panjang.

1. Kondisi mobil

Mobil harus senantiasa terawat. Kondisi saringan udara, pelumasan, pendingin mesin, pengapian dan sebagainya.

"Untuk memastikan kondisi kendaraan maksimal, pastikan men-service kendaraan di dealer resmi Mitsubishi, sesuai buku petunjuk yang diberikan," kata dia.

2. Kelola emosi

Kondisi emosional pengemudi sangat memengaruhi. Mengemudilah dalam kondisi emosi yang stabil.

Usahakan jangan terlalu emosional (terlalu gembira atau sedih). Jangan mudah terpancing saat di jalan. Ingat, keluarga menanti di rumah.

Agar lebih tenang, dengarkan musik berirama menenangkan sambil mencari jalan alternatif untuk hindari kemacetan.

3. RPM dan akselerasi

Melaju dalam RPM rendah dapat mengirit bahan bakar. Usahakan mobil berjalan pada RPM 1.200-1.500.

Pada saat perpindahan transmisi, usahakan jangan melebihi RPM 2.000. Pindah gigi pada rentang RPM 1.500-2.000. Pindahkan gigi dari satu sampai lima pada putaran 0-1.500.

4. Kecepatan konstan

Agar irit bahan bakar, kita dituntut untuk mengemudi dengan kecepatan konstan. Caranya, injak pedal gas secara perlahan. Seperti dijelaskan di atas, usahakan untuk menggunakan gigi tertinggi saat berjalan. Sebab, semakin rendah RPM pada kecepatan tinggi akan mengoptimalkan konsumsi (irit) BBM.

Bila di jalan landai atau menurun, sering-seringlah melepas pedal gas agar putaran mesin berkurang.

5. Menaklukkan tanjakan

Sebelum menanjak, perkirakan sudut kemiringan tanjakan. Lantas, sesuaikan gigi menurut tingkat kemiringan tanjakan. Usahakan putaran mesin tidak lebih dari 2.500 RPM, jika RPM semakin rendah, pindahkan ke gigi yang lebih rendah lagi.

Khusus mobil transmisi matic, Anda dapat memindahkan tuas transmisi ke posisi S. Perlunya, agar mobil melakukan perpindahan gigi di RPM yang lebih tinggi. Segeralah kembali ke posisi D saat jalan tak lagi menanjak.

6. Teknik pengereman

Usahakan menginjak rem secara progresif atau perlahan-lahan. Pengereman mendadak dapat menambah beban mobil. Usahakan sudah melakukan pengereman di atas 10 meter dari titik berhenti.

0 Response to "6 Tips Dan Trik Agar Mobil Irit Bahan Bakar"

Posting Komentar