Manfaat Jalan Kaki Untuk Cegah Kanker Payudara

Manfaat Jalan Kaki Untuk Cegah Kanker Payudara - Salah satu penyakit yang mengintai wanita usia menopause adalah kanker payudara. Gaya hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut, salah satunya dengan rutin berjalan kaki.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari Perancis, 30 menit berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara pada perempuan di atas umur 50 tahun. Manfaat pencegahan ini hanya berlaku pada mereka yang berolahraga sejak 4 tahun lebih awal.

Mereka menganalisis data dari kuesioner yang dikerjakan oleh 59.308 perempuan yang sudah mengalami menopuase.

"Kami menemukan bahwa aktivitas fisik yang bersifat rekreasi kelihatannya memiliki efek yang cepat dalam penurunan risiko kanker payudara. Tetapi, manfaatnya akan berhenti apabila aktivitas fisik tak dilanjutkan," kata Agnes Fournier, peneliti.

Dr Fournier, pada penelitiannya di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, mengatakan, berjalan kaki empat jam dalam seminggu atau bersepeda atau melakukan olahraga lainnya dua jam dalam seminggu sangat direkomendasikan.

"Tidak perlu melakukan aktivitas yang terlalu berat dan sering, bahkan berjalan 30 menit dalam sehari pun memiliki manfaat," katanya.
Sumber :
www.dailymail.co.uk

0 Response to "Manfaat Jalan Kaki Untuk Cegah Kanker Payudara"

Posting Komentar